Pengalaman menggunakan Whatsapp dan Telegram. Mana yang lebih baik?

Diposting pada
id.pinterest.com

Aplikasi WhatsApp dan Telegram adalah dua aplikasi yang saat ini banyak diperbandingkan karena secara garis besar kedua aplikasi ini memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai aplikasi perpesanan. Aplikasi WhatsApp rilis di Play Store pada 18 Oktober 2010 sementara Telegram rilis pada 6 September 2013. WhatsApp sebagai aplikasi pendahulu telah diunduh sebanyak 5 Miliar+, jauh melebihi Telegram yang masih mencapai 100 Juta+.

Saat ini aplikasi Telegram mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Tidak sedikit yang mulai beralih dari pengguna WhatsApp ke Telegram. Namun masih banyak juga yang tetap bertahan menggunakan WhatsApp dengan berbagai pertimbangan. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sulit untuk benar-benar meng-uninstal aplikasii WhatsApp mengingat hampir semua kontak di smartphone kita adalah pengguna WhatsApp. Tapi saya pikir tidak ada salahnya kita mengenal kedua aplikasi ini. Siapa tahu aplikasi Telegram dapat menjawab kebutuhan kita yang tidak kita dapatkan di WhatsApp. Atau justru Whatsapp adalah pilihan paling tepat untuk anda sehingga anda tidak perlu khawatir jika anda tidak mengunduh Telegram seperti teman-teman anda yang lain.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan Aplikasi Whatsapp dan Telegram versi bostutorial.net

  1. Telegram kurang diminati karena belum banyak penggunanya

Sebelum adanya aplikasi WhatsApp orang-orang banyak menggunakan aplikasi BBM, Line, KakaoTalk, dsb. Namun setelah adanya WhatsApp, orang-orang mulai beralih karena aplikasi ini dinilai lebih instan dan easy to use. Namun respon yang berbeda terhadap Telegram, fitur utama yang dimiliki Telegram tidak jauh berbeda dengan WhatsApp sehingga tidak terlalu antusias untuk beralih dari WhatsApp ke Telegram.

  1. WhatsApp yang senantiasi melakukan updating

WhatsApp sebagai aplikasi perpesanan semakin menarik bagi generasi milenial saat ini karena aplikasi ini senantiasa melakukan pembaharuan sehingga tidak membosankan bagi penggunanya. WhatsApp yang awalnya sederhana kini telah berinovasi dengan adanya stiker-stiker yang menarik, fitur Video Call dan Voice Note, fitur Status layaknya Insta Story yang juga terhubung ke Facebook dan update yang terbaru adalah fitur Video Call yang bisa menampung 8 orang pengguna yang sebelumnya dibatasi 4 pengguna saja. Memang beberapa dari fitur yang disediakan oleh WhatsApp juga tersedia di Telegram, namun itu belum bisa menarik pengguna WhatsApp untuk beralih ke Telegram.

  1. WhatsApp dengan fitur Video Call nya

WhatsApp memiliki fitur Video Call yang bisa menampung hingga 8 orang pengguna sekaligus, sementara Telegram masih percaya diri dengan dengan tidak menghadirkan fitur Video Call dalam aplikasinya. Mungkin alas an keamanan menjadi satu-satunya alas an bagi pendiri Telegram untuk tidak menambahkan Video Call dalam aplikasinya. Kabarnya, hacker dapat mengambil alih aplikasii WhatsApp pengguna ketika menjawab Video Call.

  1. Aplikasi Telegram tidak didukung oleh provider manapun di Indonesia

Disaat maraknya provider internet di Indonesia yang menawarkan paket internet khusus untuk chat/sosmed, justru tidak ada satu provider pun di Indonesia yang menyediakan paket chat melalui Telegram. Untuk menggunakan Telegram pengguna harus memakai paket internet biasa yang bisa menghabiskan lebih banyak kuota internet daripada menggunakan aplikasi seperti WhatsApp yang sudah ada paket chating nya.

  1. Fitur Group Chat aplikasi Telegram

Fitur Group Chat aplikasi Telegram mampu menampung hingga 200 ribu anggota. Angka ini sangat jauh dibanding group chat WhatsApp yang hanya mampu menampung maksimal 256 anggota. Bagi pengguna yang membutuhkan group chat untuk menjangkau orang secara luas pastinya harus mencoba menggunakan Telegram.

Aplikasi Telegram juga memiliki fitur Chanel yang bisa menjangkau pengguna dengan lebih luas. Di Telegram, pengguna dapat menambahkan dirinya sendiri untuk bergabung dalam Group Chat dan Chanel asalkan pengguna itu tahu nama Group Chat dan Chanel nya. Hal ini berbeda dengan Whatsapp dimana pengguna hanya bisa bergabung ke group chat apabila ditambahkan oleh admin.

  1. Keamanan Telegram lebih baik daripada WhatsApp

Telegram menjaga privasi penggunanya dengan tidak menampilkan nomor handphone penggunanya melainkan hanya username, kecuali untuk pengguna yang sudah tersimpan nomor handphone nya di kontak kita. Telegram juga menyediakan fitur Secret Chat yang berguna untuk mengirim pesan rahasia dan memliki fitur hapus otomatis. Pendiri Telegram juga mengklaim bahwa aplikasi Telegram memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga tidak mungkin untuk disadap.

  1. Chat yang sudah dikirim bisa diedit di Telegram

Jika pengguna WhatsApp melakukan salah pengetikan dan sudah terlanjur mengirimnya, hal yang biasa dilakukan adalah menarik pesan atau mengetik “typo lalu mengirimkan teks yang benar. Di aplikasi Telegram pengguna tidak perlu melakukan kedua hal tersebut karena di Telegram pesan yang sudah dikirim dapat diedit dengan cara menekan lama pesan yang sudah dikirim lalu memilih menu edit, setelah diedit tekan tanda ceklis maka pesan yang sudah diedit akan tampil. Se simple itu 🙂

  1. Telegram mampu mengirim data dengan kapasitas yang besar

Kelebihan ini tentu tidak dimiliki oleh aplikasi WhatsApp. Pengguna WhatsApp mungkin pernah terkendala untuk mengirim data berupa audio atau video dalam kapasitas yang besar sehingga tidak bisa mengirimnya melalui WhatsApp. Masalah ini akan teratasi jika pengguna mengirim data tersebut dengan menggunakan aplikasi Telegram. Itulah sebabnya saat ini banyak chanel dan group chat yang khusus untuk mengirimkan film atau drama Korea. Jika anda kesulitan menemukan film atau drama Korea kesayangan anda di Youtube , cobalah mencarinya di Telegram mungkin anda akan menemukannya.

id.pinterest.com

Nah, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kedua aplikasi ini. So, WhatsApp atau Telegram? Atau malah anda membutuhkan keduanya?

2 thoughts on “Pengalaman menggunakan Whatsapp dan Telegram. Mana yang lebih baik?

    1. tergantung tujuannya. Kalau fokus akun Whatsapp anda untuk untuk mempermudah komunikasi bisnis dan memperluas jaringan sebaiknya gunakan wa business. tapi kalau hanya untuk komunikasi pribadi lebih baik gunakan wa saja. trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *